Mengenal Bermacam-macam Puasa Sunat Dan Manfaat Menjalankan Puasa Sunat


Islam / Thursday, October 15th, 2020

Setiap manusia sudah pasti pernah melakukan kesalahan dan berbuat dosa. Akan tetapi tidak perlu takut karena Allah SWT maha pengampun. Allah SWT senantiasa mengampuni dosa hambanya yang bertaubat. Karena banyaknya dosa yang dimiliki selain melakukan ibadah wajib alangkah lebih baik jika dilengkapi dengan melakukan ibadah-ibadah sunah.

Beberapa ibada sunah diantaranya adalah puasa sunnah, sholat sunnah, dan juga sedekah sunnah. Dimana puasa sunnah ini sendiri sangat banyak macamnya mulai dari puasa dihari senin dan kamis, puasa syawal, puasa daud dan masih banyak lagi.

Apa itu puasa? Puasa adalah mengendalikan diri dari makan dan minum serta nafsu dan juga amarah mulai dari matahari terbit sampai matahari terbenam atau mulai dari waktu subuh sampai waktu maghrib. Puasa dapat menjadi terapi bagi orang-orang yang suka marah dan juga sulit mengendalikan hawa nafsunya.

Bermacam-macam Puasa Sunat Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Salah satu manfaat belajar islam adalah selain mengetahui amalan wajib, Anda juga akan mengetahui amalan-amalan sunnah yang dapat menjadi pemberat amal ibadah Anda ketika di akhirat. Selain itu tidak menutup kemungkinan amalan sunah yang Anda lakukan akan menghapuskan segala dosa-dosa yang pernah Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa puasa sunah yang sayang untuk dilewatkan:

  • Puasa setiap hari senin dan kamis

Salah satu puasa sunnah yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW adalah puasa senin kamis. Dimana Rasulullah SAW selalu melakukan puasa setiap hari senin dan juga di hari kamis.

  • Puasa arafah

Salah satu puasa sunah yang dapat dilakukan dan sebagai jalan untuk menghapus segala dosa yaitu puasa arafah. Puasa arafah dilakukan setiap tanggal 9 dzulhijjah atau disaat jamaah haji sedang melakukan wukuf di padang arafah. Dimana keutamaan puasa arafah adalah dihapuskannya dosa setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya.

  • Berpuasa di bulan dzulhijjah

Bulan dzulhijjah merupakan bulan yang cukup istimewa. Keistimewaan bualn tersebut terdapat pada sepuluh hari pertama yaitu pada tanggal 1 dzulhijjah sampai 10 dzulhijjah. Dimana sangat dianjurkan untuk melakukan ibadah baik puasa sunnah maupun menjalankan ibadah-ibadah sunnah lainnya. puasa selama 10 hari diawal bulan dzulhijjah sama saja dengan melakukan puasa selama satu tahun.

  • Puasa di bulan syawal

Setelah berakhir bulan suci Ramadhan maka tibalah pada bulan syawal. Dimana bulan syawal ini tidak boleh disia-siakan begitu saja. Melakukan puasa wajib di bulan suci Ramadhan dan kemudian melakukan puasa sunah selama 6 hari di bulan syawal maka pahala yang diperoleh sama dengan melakukan puasa selama satu tahun.

Apa Saja Manfaat Menjalankan Puasa Sunah?

Adapun bagi orang-orang yang suka melakukan ibadah puasa sunah akan banyak memperoleh manfaat dari ibadah tersebut. diantara manfaat melakukan puasa sunah adalah sebagai berikut ini:

  • Hawa nafsu dan juga sifat marah dapat dikendalikan
  • Meningkatkan ketakwaan dan juga keimanan.
  • Sebagai latihan untuk hidup sederhana.
  • Menjadikan tubuh menjadi lebih sehat.
  • Memperdalam rasa cinta kepada Rasulullah karena puasa sunah adalah bagian dari meniru Rasulullah SAW.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *