Masjid Al-Ikhlas


Islam / Sunday, November 10th, 2019

Pemberian nama pada masjid tentu memiliki tujuan yang baik. Nama-nama tersebut diambil dari kalimat Allah yang memiliki arti mulia. Masjid sebagai tepat ibadah umat Islam tentu harus dijaga kebersihan dan keindahaannya. Karena Islam mencintai kebersihan dan keindahan.

Masjid Al-Ikhlas adalah nama masjid yang sering kita dengar. Bahkan di setiap wilayah yang ada di Indonesia pasti ada masjid dengan nama al-Ikhlas yang memiliki arti kelapangan. Diantaranya seperti masjid al-ikhlas semarang, Jawa Tengah, masjid al-ikhlas Bandung Jawa Timur dan masih banyak yang lainnya.

Ada salah satu masjid Al-Ikhlas yang ada di Indonesia yang berhasil mencuri perhatian masyarakat banyak. Masjid tersebut berada di pulau Sumatera dengan keunikan dan ciri khas yang memberikan kesan sangat mempesona. Banyak masjid di Sumatera seperti layaknya masjid An-Nur. Masjid Al-Ikhlas juga memiliki hal sama.

Masjid tersebut berada di Bagansiapiapi, Rokan Hilir Riau. Kabupaten rokan ini termasuk kabupaten baru hasil dari pembagian wilayah yang semula adalah bagian dari kabupaten Bengkalis. Kabupaten rokan resmi menjadi kabupaten baru pada Oktober 1999. kabupaten yang terkenal dengan pantainya yang indah ini.

unsplash.com

Masjid ini merupakan masjid kebanggan masyarakat Bagansiapiapi dengan arsitektur meniru gaya Turki Ustmani. Bagansiapiapi sendiri merupakan kota yang memiliki sejarah penting dan panjang sepanjang Muara Sungai Rokan kepulauan Sumatera. Kota yang dijuluki sebagai Hongkong Van Andalas karena kota bersih ke 2 di Riau.

Fokus utama pada masjid ini ada pada bentuk dan warna kubah besar masjid al-Ikhlas. Pasalnya, masjid ini memiliki satu kubah utama yang besar dengan warna yang unik dan langka. Dikatakan demikian, karena warna kubah jarang ditemui pada kubah masjid pada umumnya.

Kubah tersebut tidak berwarna emas tidak pula berwarna cokelat, warnanya lebih mendekati seperti warna tembaga. Warna kubah dipadungan dengan warna putih yang mendominasi masjid ini. Maka tidak heran jika masjid ini disebut sebagai Taj Mahal Bagansiapiapi.

Selain kubah utama juga terdapat pula empat kubah mengelilinginya dengan warna yang sama. Yang mencuri perhatian lagi ada pada menara yang menjulang tinggi yang mengapit kubah utama. Warna menara juga dibuat sama pada ujungnya dengan warna kubah. Dengan sedikit warna variasi pada dinding menara.

Halaman masjid juga sangat luas dengan dilengkapi air mancur yang membuat semakin memperindah masjid jika dilihat dari luar. Tidak hanya air mancur, pada pekarangan ini juga dihiasi dengan lampu dan pepohonan yang semakin memper indah bagian eksterior masjid.

Ketika malam hari, pancaran lampu dari berbagai sudut masjid terpancar begitu mempersona. Kolam panjang yang ada di halaman masjid akan terlihat bersinar. Masjid ini sangat ramai di kunjungi terlebih pada hari jum’at dan perayaan besar Islam seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

unsplash.com

Pada bagian dalam juga di lengkapi dengan fasilitas seperti toilet dan tempat wudhu serta fasilitas pelengkap lainnya. Seperti masjid pada umumnya juga dihias dengan ukiran kaligrafi sebagi ciri khas dari nuansa Islami. Terdapat pula karpet yang tebal dan lembut sehingga memberikan kenyaman bagi yang menjalankan ibadah.

Karena termasuk karpet yang berkualitas baik yang pasti harga karpet masjid cukup mahal. Untuk memberikan kenyamanan lebih, pengurus masjid rajin membersihi karpet-karpet tersebut. Karena kesucian adalah hal yang penting sebagai syarat sah shalat.

Selain sebagai tempat ibadah, berbagai aktivitas keagamaan seperti kajian juga terjadwal dengan rapi oleh Dewan Kemakmuran Masjid atau pengurus masjid. Letaknya yang berada di sebelah makam pahlawan ini, menjadikan masjid Al-Ikhlas sebagai Islamic Center Kabupaten Rokan Hilir.

Pada hari-hari besar Islam, masjid ini menggelar berbagai acara untuk ikut memeriahkannya. Acara pengajian dan tabligh akbar ikut menjadi bagian atau rangkaian acara yang tidak terlupakan. Walaupun berdiri 2 masjid megah lainnya seperti masjid Raya Al-Ihsan dan masjid Al-Kautsar masjid ini tetap ramai.

unsplash.com

Bahakan sampai saat ini masjid yang berdiri kokoh menjadi ikon penting dalam kabupaten Rokan. Nuansa yang putih dan emas yang elegan semakin memperindah bangunan suci ini. Tidak salah, masjid ini sering di kunjungi oleh para wisatawan dari berbagai kota untuk melaksanakan ibadah sekaligus mengambil beberapa foto.

Itulah beberapa penjelasan mengenai masjid Al-Ikhlas di Bagansiapiapi. Dengan gaya arsitektur Turki Ustmani membuat masjid ini lebih terlihat megah dibanding masjid al-ikhlas lainnya. Sebagai ikon kota Rokan ini, masjid Al-Ikhlas harus terjaga dengan baik.

Seperti masjid pada umumnya, sebagai tempat ibadah tentunya harus ada kegiatan positif agar masyarakat bersemangat dengan hadirnya masjid ini. Adanya aktivitas keagamaan dan sosial tentu menjadikan masjid ini jauh lebih hidup dan dapat terus dimanfaatkan kehadirannya. Bukan hanya indah dari lahirnya tetapi juga hidup dalam fungsinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *