Umroh Berapa Hari, Kenapa Bisa Berbeda Dari Setiap Travel Tour?


Islam / Thursday, December 5th, 2019

Hal yang sering ditanyakan oleh masyarakat awam banyak berkaitan tentang umroh berapa hari. Pertanyaan ini dilontarkan setelah melihat adanya perbedaan waktu yang diselenggarakan oleh pihak travel tour. Lalu, sebenarnya berapa hari yang dibutuhkan dalam menunaikan umroh?

Umroh sendiri bisa dilaksanakan secara singkat. Namun di Indonesia, durasi umroh ini bisa memakan waktu sampai berhari-hari. Terlebih jika seseorang menggunakan jasa biro perjalanan untuk keberangkatannya.

Dari sini, timbullah pertanyaan tersebut. Tapi itu sangat wajar. Untuk menjawabnya, mari perhatikan ulasan berikut ini.

Fakta Mengenai Durasi Umroh

pixabay.com

Memiliki biaya cukup membuat seseorang untuk pergi ke tanah suci. Keberangkatan ini ditujukan untuk melepas kerinduan akan ibadah di sana. Apalagi waktu berhaji biasanya harus menunggu sangat lama.

Kesempatan terbuka untuk datang memenuhi panggilan ibadah di tanah suci. Umroh menjadi solusi utama bagi sebagai orang. Dan umroh bisa dilaksanakan tiap waktu. Terlebih, sudah ada travel tour yang bersedia membantu Anda seperti memberikan penawaran umroh murah.

Lalu, berapa hari yang dibutuhkan dalam menunaikan ibadah sunnah ini? Faktanya, pelaksanaan ibadah ini bisa dilakukan dalam hitungan jam. Tergantung dimana Anda melakukan niat di miqot.

Setelah berniat ihrom dan umroh, Anda tinggal melaksanakan prosesi seperti yang disesuaikan dengan syaratnya. Mulai dari thowaf, sai, dan tahallul. Kesemuanya bisa dilakukan dalam hitungan jam saja.

Kenapa Durasinya Bisa Sampai 9-14 Hari?

Ada beberapa hal yang melatarbelakangi kenapa durasi umroh dari travel umroh murah berlangsung beberapa hari. Diantara alasannya adalah sebagai berikut ini.

  1. Melaksanakan Umroh Beberapa Kali

Umroh berapa hari sebenarnya sudah terjawab di pembahasan sebelumnya. Durasinya hanya memakan waktu beberapa jam. Karena serangkaian prosesi ibadah terbilang lebih singkat dan tidak terikat waktu seperti kala berhaji.

Namun harus disadari bahwa umroh yang dilakukan jemaah kadang dilakukan beberapa kali. Normalnya, jemaah diajak untuk berumroh 2 kali selama berada di sana. Bahkan ada yang 3 kali sesuai ketentuan yang diberlakukan oleh biro perjalanan.

  1. Memanfaatkan Waktu Untuk Berkunjung di Maqom Para Nabi

Sehabis menjalankan ibadah umroh, kegiatan paling sering dilakukan adalah mengunjungi maqom para Nabi. Khususnya di Madinah dimana Maqom Baginda Rosululloh berada.

Waktu kunjungan inilah yang membuat durasi di tanah suci lebih panjang. Kunjungan ini juga sangat diinginkan oleh para jamaah. Yakni sebagai sarana untuk lebih dekat dengan orang paling mulia.

  1. Tour Keliling

Selain Ziaroh di Madinah, jemaah juga akan diajak untuk berkeliling ke tempat-tempat wisata. Wisata religi ini juga sangat dimanfaatkan oleh jamaah. Setidaknya, ada momen dimana mungkin hanya terjadi satu kali dalam hidup.

Tempat Yang Dikunjungi Dengan Travel Umroh

pixabay.com

Ketika menggunakan biro perjalanan umroh, Anda tidak hanya dibantu dalam hal keberangkatan di tanah suci saja. Tapi Anda juga diajak jalan-jalan selepas melakukan ibadah umroh. Diantara tempat yang paling sering dikunjungi adalah sebagai berikut ini.

  1. Jabal Tsur

Satu tempat yang banyak dikunjungi oleh para jamaah umroh adalah Jabal Tsur. Tempat ini begitu spesial dalam sejarah islam. Betapa tidak, Jabal Tsur adalah tempat dimana baginda Rasulolloh bersembunyi dari kejaran kafir Quraisy.

Beliau bersembunyi dengan sahabat Abu Bakar Asshiddiq selama kurang lebih 3 hari. Setelah dipandang aman, Rasululloh melanjutkan perjalanan untuk meninggalkan Makkah.

  1. Gua Hira

Hampir sama dengan Jabal Tsur, tempat paling spesial untuk mengenang awal kenabian nabi Muhammad SAW adalah di Gua Hira. Disinilah orang paling mulia menjalankan ibadah, berkholwat menjauhkan dari kemungkaran yang terjadi di sekitarnya.

Dari penyendiriannya, nabi Muhammad didatang oleh Malaikat Jibril. Di sinilah beliau diajarkan pertama kali untuk membaca. Dan beberapa tahun kemudian, islam mulai disebarkan ke seluruh penjuru sebagai rahmat bagi seluruh alam.

  1. Jabal Rahmah

Tempat yang juga sangat banyak dikunjungi para jamaah adalah Jabal Rahmah. Tempat ini dipercaya sebagai tempat bertemunya Nabi Adam as dengan Siti Hawa setelah sekian lama terpisah.

Dikeluarkan dari Surga, beliau berdua dipisahkan di tempat yang jauh. Atas kehendak Alloh, beliau berdua dipertemukan setelah sekian tahun. Dan di sinilah tempat yang menjadi saksi bisu pertemuan antara Nabi Adam AS dan Siti Hawa.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat yang akan dikunjungi oleh sebuah biro perjalanan. Tempat-tempat bersejarah ini sudah menjadi agendanya. Tentunya tanpa melepas tempat yang pas untuk berburu oleh-oleh. Dengan banyaknya agenda ini, Anda tentunya bisa menjawab dengan benar tentang umroh berapa hari tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *